MarkPlus Inch, lembaga survei terkemuka di bidang brand dan
marketing memberikan anugerah The Best of Medan Service Excellence Award 2014
kepada Bank Sumut sebagai jawara bank dengan
pelayanan terbaik di Medan berdasarkan indeks persepsi customer. Penilaian ini
berlaku untuk kategori Bank konvensional
dengan modal inti Rp100 miliar hingga Rp 5 triliun (kelompok Buku I &
II).
|
Penghargaan dari lembaga yang didirikan oleh pakar marketing Indonesia
Hermawan Kartajaya itu diserahkan Senior Vice President & Chief Operating
Officer MarkPlus Inc, Dr Jacky Mussry kepada Direktur Pemasaran Bank Sumut
Ester Junita Ginting, di Medan, Kamis (4/9).
Bank konvensional lain yang meraih juara I yakni BTN untuk bank kelompok Buku III (modal Rp 5 triliun hingga Rp 30 triliun dan BRI untuk bank kelompok Buku IV (modal Rp 30 triliun lebih) serta Bank Syariah Mandiri untuk kategori Islamic Bank. Meski berbeda dalam kekuatan modal inti, namun penghargaan bergengsi dari hasil penilaian customer itu menunjukkan Bank Sumut sebagai local champion mampu mensejajarkan diri dengan bank-bank besar dalam aspek kualitas pelayanan, bahkan menggeser posisi bank-bank lain. Senior Vice President & Chief Operating Officer MarkPlus Inc, Dr Jacky Mussry, mengatakan, pemeringkatan dan pemberian penghargaan tersebut dilakukan berdasarkan hasil survei yang dilakukan MarkPlus Insight terhadap 1.035 responden di Medan pada periode survei Februari-Maret 2014, dengan metode multi stage random sampling dan sebagian booster sampling, dengan confidence level 95% dan margin error 3%. Responden adalah warga Medan yang pernah berinteraksi langsung dengan petugas di lokasi pelayanan dengan karakteristik usai produktif 15-60 tahun, berekonomi mapan dengan pengeluaran rutin bulanan dan pembelian barang mewah di atas Rp 1 juta per bulan. "Pada tahun 2014, kami melakukan penyempurnaan metode pengukuran indeks service excellence. Kalau pada tahun sebelumnya pengukuran hanya menggunakan dimensi yang berfokus pada layanan, sekarang pengukuran melibatkan nilai advokasi (tingkat rekomendasi) yang dikombinasikan dengan kepuasan terhadap pelayanan di service center atau di gerai," jelas Jacky yang menegaskan penyempurnaan metode pengukuran itu juga sejalan dengan konsep baru Mark Plus WOW Service Excellence Award. WOW, kata Jacky, adalah suatu ekspresi konsumen terhadap sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan dengan kualitas atau keunggulan yang melebihi ekpektasi, baik pada produk barang/jasa maupun pelayanan. |