Tulang Bawang: Polda Copot Kapolsek Tulangbawang Udik

Sabtu, 30 April 20110 komentar


Tulang Bawang
Polda Lampung menahan Kanit Provos Polsek Tulangbawang Udik Aipda Avit Kurniawan di sel tahanan Mapolda Lampung karena terlibat penembakan dua warga hingga tewas, Sabtu (23/4). Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak juga mencopot Kapolsek Tulangbawang Udik AKP Iswan Syahri.

Posisi AKP Iswan digantikan Wakapolsek Banjaragung, Tulangbawang, AKP A. Mutholib. Serah-terima jabatan berlangsung di Mapolres Tulangbawang, Sabtu (22/4). Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan Propam juga memeriksa Brigpol Mamat Mufahri dan Briptu Redho Agusta. Dari pihak warga, Polda memeriksa M. Solihin, Dulah Madi, Hargono, dan Pariadi.

Pergantian Kapolsek tersebut terkait dengan tewasnya Sahab (41) yang diduga ditembak Kanit Provos Aipda Avit Kurniawan yang berujung bentrok antara warga Gunungbatin dan aparat di dekat Mapolsek Tulangbawang Udik. Bentrokan ini menewaskan Anton Saputra (28) dan empat warga menderita luka tembak pada pesta pernikahanan Hendri dan Yanti di Kampung Gunungmenanti, Tumijajar, Selasa (19/4) malam.

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menduga ada indikasi pelanggaran HAM dalam penembakan Sahab (41), Anton (28), dan empat korban luka tembak. Dalam mengungkap kasus tersebut, Komnas HAM memisahkan penembakan terhadap Sahab dan penanganan massa yang mendatangi Mapolsek Tulangbawang Udik.

Untuk penembakan Sahab, Komnas HAM menilai masuk tindak pidana. Pasalnya, kejadian itu tidak terkait dengan kedinasan. Penembakan berawal dari kecemburuan Avit terhadap Sahab yang mendekati Indri, biduan di organ tunggal tersebut.
Bagikan Berita Ini :
 
Support : Creating Website