Bupati Samosir Serahkan 30 Hand Traktor kepada Kelompok Tani

Senin, 23 Januari 20170 komentar

 
Samosir (OPM)
Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Kepala Dinas Pertanian Erkanus Simbolon, menyerahkan 30 hand traktor kepada 30 kelompok tani se-Kabupaten Samosir di Parbaba Kecamatan Pangururan, Kamis (19/1).

Dalam sambutannya Rapidin Simbolon mengharapkan agar hand traktor yang telah diberikan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produksi padi di Samosir, demi meningkatkan kesejahteraan para petani. Karena pada saat ini juga ada program pemerintah pusat terkait swasembada padi, jagung dan kedele (Pajale) sehingga diharapkan para petani dapat mengoptimalkan penggunaan alat tersebut," kata Rapidin.

Kepala Dinas Pertanian, Erkanus Simbolon menambahkan, "bahwa hand traktor tersebut berasal dari APBN tahun anggaran 2016 Kementerian Pertanian, dan berpesan kepada seluruh kelompok tani agar melaksanakan pakta integritas yang telah ditandatangani. Seperti, tidak menjadikannya sebagai barang milik pribadi atau pengurus akan tetapi sebagai asset atau inventaris kelompok, traktor dapat dipinjamkan kepada kelompok tani lain yang sedang membutuhkan.

Secara rutin pemanfaatannya  dilaporkan kepada Dinas Pertanian Samosir. Apabila di kemudian hari alat tersebut tidak dipergunakan maupun tidak dirawat dengan baik, maka Dinas Pertanian dapat memindahkannya kepada kelompok tani yang bersedia memelihara dan menggunakannya. "Apabila barang tersebut hilang atau beralih fungsi maka akan diproses sesuai hukum," terangnya.(Lukman)
Bagikan Berita Ini :
 
Support : Creating Website