Ada Pungli Di SMA Negeri 16 Medan Marelan

Senin, 09 Januari 20170 komentar

 Hasil gambar untuk sma negeri 16 medan

Medan (OPM)
Pungutan liar (pungli) kembali terjadi  SMA Negeri 16 Medan. Peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Pungutan Liar tidak berlaku di sekolah milik pemerintah tersebut. Buktinya anak didik yang menimba ilmu di sekolah itu masih dipaksa keluarkan biaya tak resmi. 

 Seperti yang dibeberkan siswa KLS XI SMA Negeri 16 Medan inisial J yang ngaku wajib bayar dana ulang tahun guru. Selain itu siswa wajib bayar uang Les tambahan, uang renang (2xlipat biaya masuk-red). J didampingi orangtuanya SM terpaksa bayar karena takut ancaman guru yang terror nilai siswa,” Tetap aja kami dikutip Rp.15 ribu/orang untuk biaya ulang tahun guru, tapi yang ngutipnya teman kami bukan guru. Kalau soal Les memang sudah ada sejak kami KLS X, ikut atau tidak ikut Les harus bayar biayanya Rp.30 ribu/mata pelajaran, biaya Les itu juga dikutip teman kami (siswa-red) “ Katanya.
          
Ditanya biaya tidak resmi lainnya, J bungkam. Sementara SM (orangtua J-red) merasa kesal kutipan biaya renang mencapai Rp.25 ribu/siswa. “Biaya renang juga beratkan orangtua murid, tiap siswa dikutip Rp. 25 ribu, parahnya guru ancam siswa yang tidak ikut renang, nilainya di mata pelajaran olahraga anjlok, mau tak mau kita bayar dan anak kita ikut renang”. Kata PI dengan nada kesal.  
 
  Kepala sekolah SMA Negeri 16 Medan Dra Hj Sri Irawati M.Pd ikut cicipi hasil pungutan liar itu. Wanita yang sudah menginjakkan kakinya ke tanah suci Mekkah tersebut tutup mata atas pungli yang dilakukan bawahannya,” Mana mungkin seorang guru berani lakukan kutipan tak resmi tanpa persetujuan Kepala sekolah, mustahil. Mungkin gaji guru PNS di sekolah itu (SMA Negeri 16 Medan-red) tidak cukup untuk kebutuhan hidup makanya pungli merajalela, hasil pungli itukan bisa dibagi-bagi, mungkin lumayanlah buat tambahan “ Ucap Saragih (warga jalan Pancing Martubung-red) yang kesal dengan ulah Kepsek dan guru di sekolah itu
Bagikan Berita Ini :
 
Support : Creating Website